Hewan Primata dilepas Petugas Balai Konservasi


Mediapublik.press (Nasional) -  Banten      Petugas balai konservasi sumber daya alam jawabarat wilayah seksi serang  Provinsi Banten melepas liarkan dua ekor hewan primata yang  sebelumnya berhasil diamankan dari perkampungan warga di Daerah ujung kulon. Hewan yang dilindungi tersebut keluar kawasan dan merusak perkebunan warga diduga karena kesulitan pakan di dalam kawasan hutan karena dampak musim kemarau.

Dua ekor hewan primata yang berhasil diamankan petugas BKSDA Provinsi Banten yakni jenis monyet ekor panjang dan lutung jawa ini merupakan salah satu hewan dilindungi. Kedua hewan primata ini diamankan dari perkebunan warga di wilayah Kecamatan sumur, Pandeglang, Banten.

Kedua hewan  tersebut diduga keluar dari kawasan hutan ujung kulon dan masuk ke perkebunan warga karena kesulitan mencari pakan di dalam hutan akibat dampak musim kemarau. Sebelumnya gerombolan monyet ekor panjang dan lutung sering merusak perkebunan dan mengambiil hasil kebun warga.

Konflik antara hewan dan manusia di saat musim kemarau seperti saat ini diperkirkaan akan meningkat. Pihak BKSDA menghimbau agar warga tidak bertindak sendiri untuk mengusir hewan tersebut dan meminta untuk melibatkan pihak BKSDA. Karena tidak menutup kemungkinan, beberapa hewan yang masuk ke perkebunan warga tersebut adalah hewan yang dilingungi oleh Negara. (jaya)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment