Waduk Cincin Indah Tapi Penuh Dengan Limbah Industri


Mediapublik.press (Daerah) – Jakarta Waduk Cincin Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara terlihat indah bila dipandang mata, namun bila diteliti secara mendetail sangatlah menyeramkan, karena kandungan air waduk sangat tercemar ini dikarenakan Waduk cincin menjadi waduk tempat tumpahan limbah dari berbagai Industri di Kecamatan Tanjung Priok. Minggu (16/08).

Saripudin Boderingan salah satu aktifis lingkungan hidup menyayangkan kondisi air waduk saat ini, di saat orang membutuhkan air pada saat musim kemarau Waduk cincin yang airnya melimpah tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang memerlukan air karena kadar air banyak dengan limbah industri, tutur Saripudin boderingan.

“ Dulu pernah dibuat dan dijadikan projek penjernihan air waduk untuk konsumsi rumah tangga, tapi para peneliti dari lipi dan ITB nyerah karena limbah air sudah melampauin batas".

Untuk itu kami minta kepada pemerintah untuk membuat teguran kepada beberapa perusahaan di Tanjung Priok untuk tidak membuang limbahnya secara langsung. tapi, disaring dahulu dan juga Pihak KLH harus melakukan sidak ke beberapa perusahaan di hilir saluran Waduk cincin bila tidak, akan merugikan rakyat tandasnya.

Hal ini dibenarkan oleh Ratnu Sumiharja Ketua LMK Kelurahan Tanjung Priok ketika melihat Waduk cincin yang indah ini dipenuhi limbah industri, untuk itu kami meminta kepada para perusahaan-perusahaan di sekitar Waduk cincin untuk menjaga dan tidak membuang limbah ke Waduk, karena selain merugikan masyarakat juga akan merusak ekosistem di Waduk itu sendiri, geramnya. (eko)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment