Kabut Asap Melumpuhkan Bandara Kasiguncu Poso


Mediapublik.press (Nasional) – Poso (Sulteng) Kabut asap yang berdampak di berbagai aspek kehidupan, di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah membuat aktifitas penerbangan dibandara udara Kasiguncu Poso lumpuh. Warga yang melakukan pemberangkatan ke kota Makassar terpaksa harus menunggu sampai penerbangan kembali normal.

Dampak kabut asap yang meluas hingga di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, membuat aktifitas penerbangan pesawat Wings Air di bandara udara Kasiguncu Poso mengalami lumpuh. Titik api diwilayah Sulawesi Tengah yang masih belum padam, bahkan asap kiriman dari Kalimantan membuat kabut asap terus  menyebar membuat gangguan penerbangan.

Pada kamis pagi (22/10), kabut asap kebal yang diakibatkan adanya kebakaran hutan dan lahan menyelimuti landasan pacu dibandara udara Kasiguncu Poso. Para penumpang dari berbagai Daerah yang sebelumnya telah menunggu selama dua hari terpaksa batal untuk berangkat, jarak pandang yang mencapai 500 meter membuat penerbangan rute Makassar Poso dan Poso ke Makasar mengalami gangguan.

Kepala cabang Wings Air Poso, Supriadi mengatakan batalnya keberangkatan para penumpang pesawat Wings diakibatkan adanya kabut asap, dirinya menyampaikan demi keselamatan penumpang pihak bandara terpaksa harus membatalkan penerbangan dari dan menuju Poso. sementara itu salah satu penumpang, Abdul Rahman mengaku terpaksa rela harus menunggu sampai kondisi penerbangan kembali normal bahkan dirinya rencana akan membatalkan penerbanganya jika belum dapat keterangan pasti pihak bandara soal kejelasan keberangkatan.

Rori Abdulah Kepala Seksi Keamanan bandara udara Kasiguncu Poso menjelaskan penerbangan kembali normal jika data dari BMKG telah mengizinkan untuk terbang dan lending. Seperti diketahui, jika bandara udara Kasiguncu poso setiap harinya melakukan aktifitas penerbangan namun semenjak sepekan terjadinya kabut asap aktiftas mengalami lumpuh total. (rya)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment