PSIA Jangan Hanya Jadi Ajang Seremonial Belaka


Mediapublik.press (Daerah) Limboto - (Gorontalo)  Penjabat Bupati Gorontalo Nurlan Darise kemarin melakukan kunjungan perdananya di 2 Kecamatan di Wilayah Telaga Group yakni Kecamatan Telaga Biru dan Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Dan kunjungan beliau tersebut di awali dengan penyambutan secara adat Mopotilolo atau penyambutan terhadap kunjungan perdana ke Wilayah tersebut. Kunjungan beliau diawalai dari Kecamatan Telaga Biru, dan didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Rosmiwati Podungge, Asisten II Setda Kabupaten Gorontalo Hen Restu, Ketua DWP Kabupaten Gorontalo Ade Restu, beserta beberapa pejabat dilingkungan Pemkab Gorontalo yang juga sekaligus pembina Wilayah di 2 Kecamatan tersebut.

Setelah diterima secara adat Gorontalo, Penjabub bersama rombongan langsung menuju lokasi Kegiatan dengan agenda yang sama yakni menghadiri Kegiatan Pekan Sayang Ibu dan Anak (PSIA) yang berlangsung di Aula Kantor Camat Telaga Biru khusus Wilayah Kecamatan Telaga Biru, dan untuk Kecamatan Telaga dilaksanakan di halaman Kantor Desa Dulohupa.

Penjabat Bupati Gorontalo Nurlan Darise mengharapkan pelaksanaan Pekan Sayang Ibu dan Anak (PSIA) yang dilaksanakan selama Seminggu pada Minggu ke-3 setiap Bulannya jangan cuma menjadi Seremonial belaka. Namun Nurlan berharap agar supaya unsur terkait agar lebih giat dan menseriusi semua program yang terkandung didalamnya yang bertujuan untuk meminimalisir angka kematian Ibu hamil juga Balita di tiap Wilayah khususnya di Kabupaten Gorontalo.

“ Kita harus bisa meyakinkan warga untuk berpartisipasi dalam mensukseskan program Pemerintah ini setidaknya ada kesadaran warga untuk datang dan memeriksakan usia kandungan ataupun tumbuh kembang anak mereka yang masih balita sehingganya bisa mendapatkan pelayanan sesuai dengan apa yang dibutuhkan”, Tuturnya. 

“ Untuk mewujudkannya dibutuhkan keseriusan juga kesungguhan dari kita sekalian khususnya para pihak terkait dalam mensukseskan program ini", Harapnya lagi.

Camat Telaga Mulyadi Domili yang didampingi oleh Kepala Puskesmas Telaga Aswin Mootalu menyampaikan bahwa pihak Pemerintah Kecamatan bersama Puskesmas Telaga saat ini tetap giat dalam mensukseskan program ini. Apalagi menurut Camat pihak Puskesmas yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesnya untuk mendatangi Warga yang terdata ada Ibu hamil apalagi yang beresiko tinggi serta balita yang pada saat pelaksanaan PSIA tidak datang untuk mengontrol keadaan ataupun kondisi mereka baik ibu hamil dan balita maka itu akan dikunjungi.

“ Saat ini kesadaran warga bisa dikatakan meningkat dengan ikutnya mereka dalam berpartisipasi untuk mendukung program Pemerintah. Hal ini dikarenakan penyuluhan hingga ke Rumah – rumah warga yang dilakukan oleh pihak Puskes Telaga sangat efektif”, Terang Mulyadi Domili.

Pada kegiatan tersebut seperti biasanya Penajabup Nurlan Darise mewisuda para balita yang telah lengkap imunisasinya di 2 Kecamatan tersebut dan pada kesempatan itu pula ada penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diserahkan juga oleh Penjabup Nurlan Darise juga pemberian kapsul penambah darah kepada pasangan usia subur juga kepada para remaja usia subur pula yang diberikan secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Rosmiwati Podungge. (olu)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment