Cegah Korupsi, KPK Gelar Semiloka di Matra


Mediapublik.press(Nasional) - Pasangkayu (Sulbar)  Pencegahan terhadap tumbuh suburnya tindak pidana korupsi terus dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, tak terkecuali di Matra. Lembaga anti rasuah ini menggelar Seminar dan Lokakarya (SEMILOKA) dengan tema " Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi", Selasa (17/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kasatgas Direktorat Litbang KPK Dedi Hartono, Direktur Investigasi BUMN dan BUMD BPKP RI Alexander Rubi Setiadi, Kepala Perwakilan BPKP Sulbar Wasis Probowo, pelaksana harian Bupati Matra M. Natsir, pimpinan Muspida serta pimpinan SKPD lingkup pemkab Matra.

Dalam kesempatan tersebut Dedi Hartono menyampaikam bahwa umumnya ditingkat daerah ada beberapa jenis korupsi yang sering terjadi yakni korupsi konvensional dengan modus memanipulasi SPPD, tiket dan program fiktif dengan melibatkan aktor PNS, penegak hukum sendiri dan lain-lain.

Jenis kedua yakni korupsi politik (Political Corruption) dengan modus penjarahan APBD atau APBN dengan melibatkan aktor birokrat, makelar, pengurus parpol, dan anggota DPR ataupun DPRD. Jenis ketiga yakni korupsi kebijakan, dengan modus desain kebijakan yang kourptif, dengan melibatkan aktor birokrat, makelar pengurus parpol serta anggota DPR ataupun DPRD.

Pelaku korupsi dewasa ini, juga telah semakin melebar dengan melibatkan keluarga, seperti anak isteri ataupun anggota keluarga lainnya.Untuk hal itu, Dedi Hartono berharap adanya keterlibatan para pemangku kebijakan didaerah dalam mencegah terjadinya korupsi.

Dengan cara menolak segala bentuk korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU), berani melaporkan adanya tindak pidana korupsi, menolak dan melaporkan segala bentuk gratifikasi, melaporkan harta kekayaan secara jujur serta menjalankan tugas dan fungsi sesuai peraturan yang berlaku.

" Korupsi adalah musuh bersama. Pegawai negeri dan pejabat daerah memiliki peran strategis dalam upaya pemberantasan korupsi melalui tugas dan fungsi yang dimilikinya. Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan Makmur" tutupnya.  (joni)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment