Indonesia Bermutu mewujudkan SDM berkualitas


Mediapublik.press(Pendidikan) - Bandung (Jabar)  Bertempat di Kampus Universitas  Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, pada hari sabtu 14 November 2015 Indonesia Bermutu (IB) yang merupakan lembaga non pemerintah bergerak dalam bidang peningkatan Sumber Daya Manusia. Sebagai wadah berkumpulnya para peneliti, pengembang dan praktisi dibidang pendidikan dan sumber daya manusia, dengan misinya mencerdaskan mutu SDM dalam berbagai aspek kehidupan yang lahir pada tanggal 17 Agustus 2015. Menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Pendidikan dan dirangkaikan dengan Launching Indonesia Bermutu.

Dalam seminar ini mengambil Topik/Tema “ Solusi Kurikulum dan Penilaian Nasional Suatu Tahapan Menuju Indonesia Bermutu”, menurut Ketua Yayasan Dr. Awaluddin Tjalla dalam sambutannya menyatakan bahwa pemilihan pembahasan Tema dalam kegiatan ini ada hubungannya dengan permasalahan pendidikan kita saat ini, dan ikhtiar IB untuk memberikan andil dan memberikan masukan bagi penyelenggara pendidikan untuk bersama-sama melakukan perbaikan dan penyempurnaan sistem pendidikan nasional Indonesia. Ketua Yayasan Indonesia Bermutu juga mengajak semua komponen untuk dapat Berperan Aktif Memajukan Pendidikan yang Bermutu melalui Guru yang Bermutu”.

Dalam kesempatan seminar ini hadir Rektor UPI  yang diwakili oleh Sekretaris Eksekutif Dr Sholahuddin, M.Pd., MA., Para Pembina IB, Dinas Pendidikan Kota Bandung, dan Para Peserta Seminar yang hadir dari berbagai instansi.

Kegiatan Seminar ini dibagi menjadi 2 Sesi, Pada Sessi Pertama membahas tentang solusi kurikulum dan penilaian sosial dengan Panelis: Prof. Dr. Udin S. Winata Saputra (Tim Evaluasi Kurikulum), Prof.Dr. Said Hamid Hasan (Tim Inti Pengembang Kurikulum 2013), Harry Firman, Ph.D (Peneliti di IndonesiaBermutu), dalam sesi kedua para nara sumber yang hadir secara paralel terdiri dari Burhanudin Tola, P.hD. , Tengku Ramly,P.hD., Bahrul Hayat, P.hD., membahas tentang  Solusi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan.

Adapun rumusan dari masing-masing sessi dapat dirumuskan, sebagai berikut: Kurikulum merupakan komponen pendidikan yang sangat penting, Kurikulum dapat dilihat dari Kajian Akademik dan Kebijakan Publik, Berdasarkan Landasan Filosofis dan Karakter Masyarakat Indonesia, maka Kompetensi Inti 1, 2, 3, dan 4 merupakan satu kesatuan yang utuh dan dalam Implementasi Kurikulum 2013 “GURU” memegang peranan Penting.  Sementara hasil Sesi dua dapat dirumuskan sebagai berikut: Konsep penilaian merupakan satu kesatuan konsep yang utuh, Ujian Nasional Sangat penting untuk mencapai Standard dan Tujuan Pendiidkan Nasional, Ujian Nasional harus dilaksanakan oleh lembaga mandiri yang kredibel, serta akuntabel dan BSNP dibentuk berdasarkan PP 19 tahun 2005 untuk Mengembangkan Standard dan Melaksanakan UN, serta lainnya, Penjaminan Mutu dapat dilakukan secara Internal dan Eksternal. (Dimyati)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment