Seputar UKG 2015


Mediapublik.press (Pendidikan) - Jakarta Uji Kompetensi Guru sudah berlangsung seminggu lebih. Pada umumnya UKG ini berjalan lancar terutama jaringan internet dan tempat kegiatan. Tanggapan beragam muncul dari peserta UKG karena banyaknya soal yang diujikan maupun materi uji yang ada di layar monitor. 

Menurut salah satu peserta UKG jurusan Fisika yang ditemui mediapublik usai UKG di SMU 68 Jakarta mengatakan ada beberapa tampilan ujian yang tidak sempurna dan soal yang membingungkan. Ada juga beberapa gambar di soal yang tidak komunikatif sehingga menyulitkan peserta.

Peserta lain dari jurusan administrasi perkantoran juga menyebutkan ada beberapa soal yang keluar diluar mata pelajaran yang diampu. Jumlah soal yang diujikan juga bervariasi ada yang 60 soal 80 soal dan 100 soal. Soal terdiri dari soal pedagogik 30% dan soal professional 70 %. Nilai total yang didapat akan digabungkan dari perolehan kompetensi pedagogic dan kompetensi kepribadian.

Sementara itu salah satu guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan juga mengeluhkan ketidak jelasan tampilan gambar pada soal. Mengenai tata bahasa dan kaidah pembuatan soal yang belum baik, penggunaan tanda baca dan perintah yang kurang jelas. Juga nama nama komponen pada soal yang disebutkan dengan bahasa bengkel pinggir jalan dan bahasa setempat si pembuat soal. Di lokasi ini juga ketenangan lingkungan ujian agak sedikit terganggu dengan aktifitas siswa di luar ruang ujian seperti kegiatan drum band dan ekskul lain yang menimbulkan suara. Rupanya pihak sekolah penyelenggara tidak membatasi kegiatan ekskul siswa selama UKG berlangsung.

Sedangkan panitia penyelenggara di tempat tersebut cukup jelas dalam memberikan pengarahan langkah demi langkah secara detail kepada peserta sehingga dapat mengerjakan UKG dengan lancar. Dari beberapa peserta yang sudah menempuh ujian dan keluar ruangan sudah bisa mengetahui hasil ujian saat logout dari computer. Dari beberapa peserta yang sudah menempuh ujian mediapublik mendapatkan informasi hasil UKG tahun ini juga belum sesuai harapan pemerintah. Hasil akhirnya masih kita tunggu setelah seluruh Indonesia selesai semua. (SP)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment