Kantor KPU Luwu (Sulsel) Diserang Pendukung Pasangan Calon


Mediapublik.press (Daerah) - Luwu (Sulawesi Selatan)    Jelang Pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Kantor KPUD Luwu Utara, Sulawesi Selatan, diserang ratusan pendukung salah satu pasangan calon. Karena tidak puas dengan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan Suara oleh KPUD setempat.

Mereka menuding KPUD telah melakukan kecurangan dengan memenangkan salah satu pasangan calon dengan cara menambah jumlah perolehan suara pada calon yang mereka inginkan. Para pendukung tersebut menyerang KPUD dengan membawa senjata rakitan atau Papporo, dan senjata tajam lainnya, dan ingin membatalkan hasil pleno penetapan.

Akibatnya terjadi saling serang antar petugas keamanan dan pendukung Paslon. Selain melempari petugas, mereka juga membakar ban di depan KPUD Luwu Utara. Aparat Polisi juga membalas dengan menembakkan gas air mata dan menyiram massa dengan menggunakan Water Canon. Meski demikian Massa tetap melakukan perlawanan, dengan terpaksa Polisi melakukan tembak ditempat. Dalam kejadian ini 3 orang tewas dan puluhan lainnya menderita luka – luka.

Setelah 4 jam saling serang, aparat keamanan berhasil memukul mundur para perusuh. Demikian pula pasukan TNI juga berhasil melumpuhkan sejumlah perusuh yang mencoba melakukan penyanderaan terhadap anggota KPUD Luwu Utara. Aksi demonstrasi ini merupakan simulasi pengamanan Pilkada yang melibatkan ratusan aparat Kepolisian, Brimob dan TNI.

Selain itu Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar, memberi apresiasi terhadap kesiapan pengamanan baik dari persiapan peralatan maupun pesiapan personil di lapangan pada hari pencoblosan hingga pasca penetapan paslon terpilih. (Utu)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment