Buah Alpukat Membanjiri Probolinggo


Mediapublik.press (Daerah) - Probolonggo (Jawa Timur) Desa Krucil, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo memiliki komoditas buah Alpukat yang rasanya khas. Warga menyebutnya Alpukat Mentega, karena tekstur daging nya yang lembut dan tidak berserat seperti mentega. 

Suasana didesa Krucil, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur setiap gubuk yang ada di pinggir jalan menjajakan beraneka buah, termasuk Buah Alpukat. Namun bukan sembarang Alpukat, melainkan Alpukat Mentega. Musim buah alpukat berlangsung dua kali dalam setahun. 

Dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan, ketika pohon alpukat mulai berbunga hingga berubah dan siap dipanen. Setelah dipanen, petani memisahkan buah Alpukat menjadi kualitas super yang berukuran sekitar 300 gram, kualitas A-B, dan kualitas C. Alpukat mentega memiliki ciri khas layaknya sebuah Mentega dengan  tekstur daging Alpukat yang terasa lebih lembut dan tidak berserat. Bahkan Alpukat Mentega ini lebih mudah dikupas kulit luarnya.

Karena lembutnya, Alpukat mentega juga  digemari anak-anak dari desa yang berada di kaki gunung Argopuro ini. Untuk menjaga keasliannya, Alpukat Mentega hanya bisa didapat di daerah Krucil. Jika ditingkat petani harga Alpukat mentega kualitas super hanya sepuluh ribu rupiah per kilogram, maka di tingkat pedagang harganya bisa melonjak jadi dua kali lipat. (Puji )

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment