25 Poktan Terima Bantuan Alat Tanam Transplanter


Mediapublik.press(Daerah) - Gorontalo Sebanyak 25 Kelompok Tani dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Gorontalo menerima bantuan Alsintan transplanter yang diserahkan Plh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Hen Restu, bertempat di Desa Hulawa Kecamatan Telaga, jumat (08/01). 

Selain penyerahan bantuan alsintan, pada hari itu juga dilakukan pengukuhan Brigade Tani oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo yang turut dihadiri oleh Direktur Holtikultura, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Ir. Sri Yanti MSc selaku LO UPSUS PAJALE di provinsi Gorontalo, serta Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Gorontalo.

Direktur Holtikultura, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Ir. Sri Yanti MSc menjelaskan, penggunaan tranplanter ini akan berdampak pada penghematan biaya, baik dari sisi jumlah bibit maupun pengeluaran biaya upah tenaga kerja. Sehingga dapat menekan biaya usaha tani padi yang membengkak atau mahal. Lebih lanjut ia mengatakan, kelebihan lain yang dimiliki transplanter yaitu waktu tanam akan lebih cepat dan jumlah bibit lebih sedikit dibanding dengan tenaga manusia. 

“ Yang juga istimewa dengan alat tersebut adalah jarak tanam padi bisa sama dan tepat, juga jarak tanam ini bisa diatur sesuai dengan keinginan petani sehingga Transplanter ini akan sangat membantu para petani dalam menanam padi” paparnya.

Sementara itu Plh Kadis Pertanian Kabupaten Gorontalo, Hen Restu mengungkapkan, bantuan alat tanam ini mendapat respon dan apresiasi dari para petani Kabupaten Gorontalo. Menurutnya Transpalanter ini akan lebih lebih berdaya guna dan sangat bermanfaat dalam rangka penghematan biaya tanam dalam rangka peningkatan produksi hasil panen demi peningkatan kesejahteraan petani itu sendiri. Ujar Hen Restu. (Olu)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment