Eksodus Besar-besaran Turis Dari Lombok Ke Bali Akibat Letusan Gunung Rinjani


Mediapublik.press (Nasional ) - Denpasar (Bali)  Erupsi gunung Barujari yang disusul hujan abu serta penutupan bandara, telah diikuti eksodus besar besaran turis dari Lombok menuju Bali.

Ubud yang menjadi tujuan utama wisatawan, diprediksi akan menerima limpahan wisatawan di tengah lesunya kunjungan turis saat ini. Erupsi gunung Barujari yang merupakan anak gunung Rinjani, menimbulkan eksodus besar besaran dari Lombok. Kondisi ini membuat sejumlah objek wisata di Gianyar mengalami peningkatan jumlah pengunjungnya.

Selain objek wisata Tirta Empul dan Gunung Kawai di Tanpaksiring, pengunjung di objek wisata Goa Gajah di Bedulu juga mengalami peningkatan. Ubud yang merupakan objek wisata dunia dengan seni budaya dan panorama alamnya, menjadi daerah yang mengalami peningkatan cukup signifikan mencapai 20 sampai 30%.

Nyoma Buana, pengelola hutan wisata Wenara Wana atau Monkey Forest Padang Tegal Ubud mengaku eksodus dari Lombok itu mampu meningkatkan kunjungan sampai 30% dari biasanya sekitar 2.000 orang setiap harinya. Erupsi gunung Barujari akhir pekan lalu, membuat wisatawan memilih eksodus dari Lombok guna menghindari dampak buruk akibat letusannya.

Dalam eksodus ini, pelabuhan Padangbai menjadi pilihan menuju Bali, menyusul ditutupnya bandara Gusti Ngurah Rai di Denpasar dan di lapangan udara Selaparang di Lombok. (way)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment