KPU Matra Gelar Simulasi Untuk KPPS


Mediapublik.press (Politik) - Pasangkayu (Sulbar)  Jelang hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang, KPU Matra terus melakukan upaya, agar proses pungut hitung suara di TPS nanti bisa berjalan aman dan lancar.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan pemahaman Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), melalui simulasi yang digelar per kecematan. Dalam simulasi ini KPPS dibagi dalam beberapa peran, diantaranya menjadi masyarakat pemilih, menjadi saksi, menjadi panwaslu, serta menjadi pihak pengamanan.

" Simulasi ini bertujuan untuk menyatukan pemahaman KPPS tentang aturan main di TPS, jadi pada prinsipnya kami mau semua teman- teman di KPPS tahu bagaimana mekanisme saat pungut hitung suara nanti" terang anggota KPU Harlywood Suly Junior yang melaksanakan simulasi di Kecamatan Tikke Raya, Rabu (25/11)

Dijelaskan bahwa, proses pungut hitung suara di pilkada serentak agak berbeda dengan pungut hitung suara saat pemilihan legislatif (pileg) yang lalu. Semisal, pintu masuk registrasi tidak lagi hanya diisi satu orang, tapi ditambah menjadi dua orang untuk lebih memudahkan pemilih.

" Selain itu juga teknis pengisian formulir C7, tidak lagi berdasar by name, tapi cukup mencatat nomor pada daftar pemilihnya, nah jadi pemahaman terhadap hal-hal teknis semacam inilah yang ingin kami permantap untuk para KPPS" pungkas Harlywood. (joni)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment