Seru Debat Paslon Karangasem


Mediapublik.press (Politik) - Bali   Pukul 18:30 di Hotel Nikki Denpasar Debat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karangsem diselenggarakan. Tiga (3) pasang calon yang akan bersaing di dalam Pemilukada serentak 9 Desember 2015 yang hanya tinggal 17 hari lagi. Debat ini diselenggarakn oleh KPU Karangasem dan dihadiri oleh Panwaslu Karangasem dan 50 pendukung untuk masing masing pasangan calon serta awak media. Minggu, (22/11)

Panelis terdiri dari para fakar yang berasal dari Karangasem diantaranya: Prof. Dr. I Wayan Windia Fakar Hukum Adat Bali, Prof. Mudana Fakar Kajian Budaya Dari Politeknik Negeri Balidan Dr. I Gede Fakar Hukum Tata Negara,  Fakultas Hukum Universitas Udayana

Segmen Pertama diisi Pemaparan Visi Misi dari ketiga pasangan calon dengan waktu 4 menit dimulai dari No urut 1 yaitu pasangan I Wayan Sudirta, SH dan Ni Made Sumiati, SH ( SMS ) yang diusung PDI Perjuangan.

Dengan memaparkan 31 program unggulan, diantaranya ;
Air masalah utama di Karangsem SMS berjanji akan membangun 2500 cabang,  kemudian sembako utk mengurangi kemiskinan, bedah rumah, bidang pendidikan yang bisa membuat orang lain maju dengan cara gratiskan pembiayaan dari  SD,  SMP dan SMA serta kursus, guru adalah sumber pendidikan, mengangkat orang tua asuh,bidang kesehatan : type C akan dinaikan ke type D, Puskemas ditambah dan kunjungan specialis ditambah dan koperasi.

Sementara itu  Pasangan No Urut 2, Masdipa yang diusung oleh Partai Nasdem mengusung visi terwujudnya Karangsem Cerdas Beraih dan Bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana.

Beberapa program diantaranya: Mewujudkan masyrakat Karangasem yang cerdas, menurunkan angka kemiskinan, meningkatan kesejahtraan masyrakat, membangun inspratruktur wilayah yang merata,mempermudah pelayanan perijinan, Pendidikan 9 tahun, perbaikan pasar, Pengembangan wisata religius berbasis masyarakat.Program unggulan tersebut disebut dengan istilah Nawa Satya Mas Dipa

Pasangan Calon No Urut 3 yaitu I Made Sukerana, SH dan I Komang Kisid disingkat SUKSES yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Grinda Diawali dengan pemaparan sukses 5 tahun terakhir dalam memimpin Karangasem. Peningkatan PAD menjadi 250 M, dan tahun 2016 jika Sukses terpilih maka PAD and menjadi 1.5 Trilyun. Kemudian perbaikan jalan menjadi 856 KM yang bertercapai 632 KM dan masih tersisa 214 KM. VISI Sukses adalah melanjutkan program yang sudah berjalan.

Visinya mewujudkan Karangasem yang Jagadhita Yacha iti Darma berlandaskan Tri Hita Karana. Adapun program yang ditawarkan adalah, Tata Kelola Pemerintahan yang baik, Pembangunan yang merata dan seimbang, Pembangunan pengentasan kemiskinan, mencerdaskan kehidupan melalui pendidikan.

masalah air juga menjadi sorotan. Di tahun 2016 jika Sukses terpilih memimpin Karangasem maka air bersih akan sampai ke desa desa.

Menanggapi pertanyaan panelis berkenaan tentang desa adat,  ketiga paslon sepakat bahwa Desa Adat ikut berperan untuk mengentaskan kemiskinan. Dari sisi pendidikan dimana LPD menjadi sarana, untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan tingkat pendidikan masyarakat. Jadi peran Desa Adat dan LPD sangat vital untuk menjaga keajegan Bali.

Debat menjadi seru tatkala masing masing calon diberi kesempatan untuk bertanya kepada pasangan calon yang lain.  (Ramia -002)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment