Cuaca Buruk Kapal Sulit Sandar di Pelabuhan Merak


Mediapublik.press(Daerah) -  Merak (Banten)   Sejak 4 hari terakhir, kondisi cuaca di sekitar perairan Selat Sunda yang merupakan jalur penyeberangan dari pelabuhan Merak menuju pelabuhan Bakauheni Lampung, sedang sedikit tidak bersahabat. Ketinggian ombak dipenyebrangan pelabuhan Merak – Bangkahueni mencapai 1 Meter hingga 1.1/2 meter. Sehingga kapal mengalami kesulitan sandar.

Ketinggian ombak di sekitar  perairan Selat Sunda sejak 4 hari terakhir mencapai ketingian 1 meter hingga satu setengah meter. Kondisi ombak Seperti ini, otomatis mempengaruhi arus lalu lintas kapal dari pelabuhan Merak ke Bakaueni, dan arah sebaliknya. Akibat cuaca buruk ini waktu tempuh  dari pelabuhan Merak-Bakauheni, mulai terganggu kecepatannya, bahkan juga terkadang kapal roro mengalami kesulitan untuk sandar didermaga Pelabuhan.  

Sejumlah kapal roro yang hendak bersandar di dermaga pelabuhan pun membutuhkan waktu lama, karena kesulitan untuk bersandar. Hal ini karena kondisi ombak yang besar seperti saat ini, bahkan pihak pelabuhan Merak Banten, memberikan isyarat terhadap Nahkoda untuk berhati-hati dan juga harus mementingkan keselamatan.

Dengan demikian untuk menjamin keselamatan penumpang, pihak KSOP Pelabuhan Merak, menghimbau kepada seluruh  Nahkoda kapal dan para Pengusaha kapal untuk berhati-hati, terkait kondisi ombak yang sedang besar seperti saat ini. Sementara itu,  Humas ASDP cabang Merak, Mario hingga saat ini masih terus melakukan pemantauan terhadap kondisi cuaca di pelabuhan. Karena hingga saat ini meski cuaca buruk terjadi, pengoperasian kapal masih bisa dioptimalkan. (Jay)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment