Masyarakat Menolak Beroperasinya Penambangan Timah


Mediapublik.press (Daerah) - Kabupaten Bangka Tengah (Bangka Belitung)  Ratusan warga Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Menggelar aksi damai di depan rumah Dinas Camat Belinyu. Aksi ini merupakan aksi penolakan terhadap aktivitas Kapal Isap produksi yang melakukan 
Penambangan di kawasan perairan Teluk Kelabat Belinyu.

Aksi damai sengaja digelar warga sebagai bentuk protes atas keberadaan Kapal Isap Produksi di Teluk Kelabat Kecamatan Belinyu. Selain melakukan orasi dan memasang spanduk, massa juga mengumpulkan tanda tangan penolakan di atas spanduk putih sepanjang 15 meter. Dalam orasinya, Koordinator Lapangan aksi, Syamsul Arifin menegaskan bahwa, aksi yang dilakukan warga merupakan spontanitas. Warga Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka secara tegas menolak beroperasinya penambangan timah di Teluk Kelabat.

Alasan penolakan tersebut dikarenakan Kapal Isap Produksi merusak lingkungan, selain itu, Biota Laut menjadi berkurang. Wilayah penambangan Kapal Isap Produksi tersebut bersinggungan langsung dengan nelayan mencari nafkah. Warga mengharapkan PT. Timah untuk tidak menjadikan Teluk Kelabat wilayah kerja operasi. Walaupun di Teluk Kelabat memang terdapat kawasan izin usaha penambangan  dan menjadi legal untuk ditambang. Warga juga meminta kepada semua yang punya kewenangan, agar tidak memberikan Izin menambang di Teluk Kelabat. 

Sekretaris perusahaan PT. Timah, Agung Nugroho mengatakan, pihaknya belum akan menambang jika belum ada titik temu penyelesaian dengan masyarakat sekitar. Hanya saja, di kawasan Teluk Kelabat itu memiliki cadangan timah yang cukup banyak. Namun, berdasarkan undang-undang Penambangan, perusahaan harus memperhatikan lingkungan sekitar. (Fir)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment