Pilkada Mamuju Utara Aman, TNI POLRI Gagas Jumpa Berlian


Mediapublik.press(Daerah) - Pasangkayu (Sulbar) Keberadaan pasukan TNI dari Kodim 1418/ Mamuju di Matra, tidak hanya sekedar dalam langka pengamanan pilkada, tapi juga sekaligus melakukan gerakan sosial demi penguatan persatuan serta membangun kesadaran lingkungan bagi warga Pasangkayu pasca pelaksanaan pilkada.

Gerakan sosial yang digagas oleh Kodim 1418/ Mamuju ini, berupa gerakan Jumat pagi bersih lingkungan "Jumpa Berlian", yang dipusatkan di lapangan merdeka Pasangkayu. Acara dimulai sekira pukul 07.30 wita, Jumat 11 Desember, dengan menghadirkan beberpa elemen masyarakat, anak sekolah, PNS, serta personil TNI dan Polri.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, penjabat bupati Matra M. Natsir, Ketua DPRD Matra Lukman Said, Kapolres Matra AKBP Raspani, Dandim 1418/ Mamuju Letkol.Arh. Muh. Imran, calon bupati Matra Agus Ambo Djiwa, serta beberapa pimpinan SKPD lingkup pemkab Matra.

Dalam kegiatan ini, masyarakat, TNI, Polri, PNS, serta anak sekolah diajak membersihkan lapangan merdeka Pasangkayu dan sekitarnya, dengan memunguti sampah-sampah yang berserakan. Nampak keseluruh elemen yang terlibat tersebut kompak dan saling bersinergi dalam melakukan pemberisihan sampah.

Usai bersih- bersih sampah, acara dilanjutkan dengan joget poco-poco yang dipandu oleh beberpa personil polisi wanita (polwan) polres Matra yang berparas cantik, sehingga membuat peserta bersemangat mengikuti gerakan poco-poco yang mereka peragakan. Namun demikian beberapa peserta juga terlihat membuat gerakan seadanya atau dengan gaya khasnya sendiri yang mengundang decak tawa.

Usai berjoget ria, kegiatan dilanjutkan dengan beberapa permainan (game) yang melibatkan personil kepolisian, brimob, satpol PP dan TNI dengan dipandu langsung oleh Dandim 1418/ Mamuju Letkol.Arh. Muh. Imran. Game itu berupa lomba push up antar kesatuan, dimana yang kalah akan menggendong kelompok yang menang sambil berlari mengitari lapangan. Game ini sontak mengocok perut semua yang hadir.

" Jadi harapanya dengan adanya kegiatan ini, maka setiap pagi Jumat sebelum berangkat kerja, mari bersihkan dulu lingkungan sekitar,dan saya harap juga personil TNI, yang menjadi Babinsa berada digarda terdepan untuk mengkoordinir warga melakukan bersih lingkungan disektor-sektor yang dinilai kotor" ujar Dandim 1418/ Mamuju Letkol.Arh. Muh. Imran saat memberi sambutan.

Sementara itu M. Natsir menilai bahwa, kegiatan tersebut lebih jauh merupakan wujud kesolitan antar semua elemen instansi pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kestabilan wilayah pasca pelaksanaan pilkada Matra, sekaligus telah mejawab adanya kekhwatiran sejumlah pihak akan pelaksanaan pilkada Matra yang diprediksi bakal memanas.

" Saya instruksikan kepada kepala dinas tataruang dan perumahan rakyat Matra, camat Pasangkayu, dan Lurah Pasangkayu, untuk melakukan kerjasama dengan TNI, Polri guna kelangsungan program ini ( jumpa berlian.red),sampai proses pelantikan bupati Matra yang definitif" ujar M.Natsir menginstruksikan.

Dikesempatan yang sama Lukman Said menyampaikan bahwa pasca pelaksanaan pilkada Matra, semua pihak hendaknya kembali menjalin persatuan dan kesatuan, dengan menghilangkan ego politik karena adanya perbedaan pilihan. Saat ini sambung dia saatnya semua elemen masyarakat mengawal proses kelanjutan pembangunan.

" Pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan yang telah sukses mengawal pelaksanaan pilkada, sehingga prediksi orang yang katanya pilkada matra akan wow, akhirnya tidak terbukti, dan hari justeru semua bisa bersatu kembali dalam kegiatan sosial yang digagas oleh TNI" terangnya. (Joni)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment