Musim Kemarau, Hasil Panen Semangka Malah Melimpah


Mediapublik.press (Ekonomi) - Sleman (Yogyakarta)   Hasil panen buah semangka di Kabupaten Sleman pada musim kemarau kali ini meningkat dibanding hasil panen sebelumnya. Pada masa panen kali ini produksi buah semangka rata – rata mencapai lima kilogram per buah.

Musim kemarau kali ini menjadi berkah tersendiri bagi petani buah semangka di Kabupaten Sleman. Pasalnya, hasil panen semangka meningkat hampir dua kali lipat dibanding dengan musim panen sebelumnya. Mardiran salah seorang petani semangka di Caturharjo Sleman mengatakan, minimnya pasokan air justru membuat kualitas buah semangka pada musim kemarau ini cukup baik.

Dari luas lahan empat ribu meter persegi, pihaknya dapat memanen semangka  lima koma lima ton dengan berat rata – rata per buah  lima kilogram. Menurut mardiran, cuaca panas saat musim kemarau menghambat pertumbuhan hama jamur. Sehingga hasil panen dapat maksimal  terlebih tanaman semangka yang di tanam merupakan semangka jenis Wonderbul yang lebih tahan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman dibandingkan semangka jenis lain.

Meski hasil panen meningkat, namun tidak diikuti dengan harga jual buah semangka yang menurun dibanding panen sebelumnya. Harga buah semangka  perkilogram berkisar dua ribu hingga dua ribu lima ratus rupiah. (harif)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment