Rumah Adat Bandayo Poboide, Gorontalo


Mediapublik.press (Budaya) - Limboto (Gorontalo)   Seperti beberapa Daerah ditanah air, Gorontalo juga memiliki rumah adat yang berarsitektur tradisional. Seperti  bandayo poboide  di Kabupaten Gorontalo yang saat ini dijadikan sebagai cagar budaya. Rumah adat bandayo poboide terletak di Limboto Kabupaten Gorontalo.
 
Bandayo yang berarti gedung atau bangunan, sementara kata pomboide atau po boide memiliki makna sebagai tempat untuk bermusyawarah. Dengan demikian, bandayo pomboide bermakna sebagai gedung untuk bermusyawarah. Arsitektur rumah adat bandayo pomboide dipengaruhi kebudayaan islam yang berkembang luas  di Gorontalo.

Sebagaimana bentuk rumah tradisional lainnya, bandayo poboide  berbentuk rumah panggung. Konstruksi rumah adat bandayo poboide didukung oleh beberapa tiang penyangga  yang bertumpu tiang penyangga dan keseluruhan bangunan tradisional ini terbuat dari bahan kayu.
 
Hal ini menggambarkan bahwa masyarakat Gorontalo pada masa lalu memiliki keterampilan yang menghasilkan karya berbahan dasar kayu. Bagian depan bangunan ini terdapat juga meriam tua.
Kini pemerintah daerah kabupaten gorontalo menjadikan rumah adat bandayo poboide sebagai salah satu cagar budaya Gorontalo. (foxy)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment