Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan Meluas 2 Pesawat Water Bombing di Kerahkan


Mediapublik.press (Nasional) – Manado (Sulut)  Pesawat Water Bombing, jenis air tracktor at-802 milik maskapai susi air tiba di pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara. Pesawat ini akan memadamkan kebakaran hutan dan lahan tersebar di 4 Kabupaten kota di Sulut.

Setelah beberapa hari dinanti masyarakat Sulawesi Utara, pesawat Water Bombing akhirnya tiba di pangkalanTNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Manado. Yang dikemudikan pilot Pieter Jones. Pesawat jenis Air Tractor at-802 adalah sebuah pesawat pertanian bermesin turbo prop sayap rendah atau Low Wing yang juga dapat diadaptasi menjadi pemadam kebakaran.

Air Tractor at-802 susi air, diperbantukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, untuk memadamkan hutan dan lahan di 4 Kabupaten Kota di Wilayah Sulawesi Utara. Pesawat yang dioperasikan PT. Asi Pujiastuti Aviation berkapasitas membawa 3000 liter air.

Komandan pangkalan utama TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi, Kolonel Pnb. Djoko Tjahjono mengatakan operasi padam Water Bombing pesawat at 802 akan berlangsung selama 5 hari, dan jika diperlukan akan diperpanjang sesuai keperluan.

Setiap hari pesawat akan lepas landas 10 kali, memadamkan api di area yang sulit dijangkau tim pemadam kebakaran di darat. Tjahjono menambahkan, zat kimia yang dicampurkan pada air pemadaman tidak berbahaya bagi manusia, hewan atau lingkungan. (ire)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment