Embung Kering Akibat Tidak Ada Pasokan Air


Mediapublik.press (Daerah) – Yogyakarta (DIY) Musim kemarau yang masih berlangsung membuat Debit Air Embung di Kabupaten Sleman menipis, salah satunya terjadi di Embung Sendari yang berada di Kecamatan Mlati Sleman. Menyusutnya debit air di Embung Sendari yang berada di Tirtoadi Mlati Sleman ini terjadi sejak 2 Bulan terakhir. Seiring dengan musim kemarau yang masih berkepanjangan, akibatnya lebih dari separuh bagian Embung mulai mengering dan tidak terisi air.

Bahkan rumput liar mulai tumbuh di beberapa bagian Embung yang mengering, menurut keterangan warga sekitar berkurangnya debit air di Embung Sendari akibat dari dampak berkurangnya aliran air yang bersumber dari  Sungai Larang yang menjadi satu – satunya sumber air untuk Embung Sendari.

Debit air yang berkurang tersebut  mengakibatkan hektaran lahan Persawahan di Tirtoadi Mlati Sleman mengalami krisis pasokan air  irigasi, dan dikhawatirkan gagal panen. Menurut warga setempat, beberapa bagian Embung yang bocor mempercepat penyusutan debit air di Embung Sendari. Embung yang dibangun setahun lalu, selain sebagai bagian dari penahan dan Konservasi air di wilayah Sleman Barat juga bagian dari pendukung kawasan Sendari sebagai salah satu destinasi Wisata Kerajinan di Kabupaten Sleman. (har)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment