Hutan di Gorontalo Terbakar Hingga Ratusan Hektar


Mediapublik.press (Daerah) – Gorontalo  Puluhan Hektar Areal Hutan di Gorontalo, terbakar. Sejumlah armada pun dikerahkan untuk memadamkan api, lahan yang terbakar ini berada di 2 Desa yakni Desa Alale dan Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango.

Lahan  di kawasan Hutan yang terbakar berada tidak jauh dari pemukiman warga hembusan angin kencang membuat kobaran api cepat meluas, hingga mendekati pemukiman Warga untuk memadamkan api pihak BPBD setempat mengerahkan puluhan petugas serta 3 Unit Mobil Pemadam Kebakaran  Warga juga ikut membantu memadamkan api meski dengan peralatan seadanya.

Namun sulitnya akses jalan dan titik api yang tersebar jauh membuat upaya pemadaman tidak berjalan maksimal, hingga saat ini pihak BPBD Bone Bolango masih melakukan pendataan luas lahan yang terbakar yang diprediksi mencapai Puluhan Hektar. Petugas juga belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran lahan di kawasan Hutan Kecamatan Suwawa ini.

Namun dugaan sementara kebakaran dipicu ulah segelintir orang yang membuka lahan dengan cara membakar semak belukar, untuk menghindari terjadinya kebakaran ditempat lain warga dihimbau tidak melakukan pembakaran lahan mengingat kondisi cuaca saat ini sangat rawan menimbulkan musibah kebakaran.  (herta)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment