Kebakaran Gambut Sudah Bisa Dikendalikan


Mediapublik.press (Daerah) Pasangkayu - (Sulbar) Upaya pemadaman api yang melahap sekira 10 hektar lahan gambut di Desa Karya Bersama, Kecamatan Pasangkayu mulai membuahkan hasil.

Pemadaman yang dilakukan oleh gabungan elemen, mulai dari TNI, Polri, personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Matra, dan masyarakat setempat , telah berhasil memadamkan sejumlah besar titik api. Kabut asap yang meliputi kota Pasangkayu pun mulai terlihat menipis.

" Ya pemadaman yang kami lakukan sudah hampir mencapai 70 persen,berkat kerjasama dari semua instansi terkait,termasuk PT. Astra Agro Lestari (AAL) yang telah mengerahkan armada pemadam kebakarannya (damkar) untuk membantu pemadaman ini" ujar Kepala BPBD Matra Ardilla, Selasa (27/10).

Sehari sebelumnya hujan telah mengguyur Pasangkayu, sehingga sebagian titik api dilahan gambut tersebut padam dan tidak meluas.

Meski telah berhasil memadamkan sebagian besar titik api, Ardilla menyampaikan bahwa pihaknya masih tetap waspada, sebab tiupan angin yang cukup kencang bisa membuat api kembali membesar.

" Inikan lahan gambut,jadi walaupun diatasnya api telah padam tapi pada bagian paling bawahnya terkadang apinya masih membakar, ini kami sebut api yang mengeram" tambahnya.

Untuk hal tersebut, pihaknya melakukan teknik pemadaman khusus, yakni dengan membanjiri titik- titik api yang diduga membakar sampai bagian paling bawah akar semak tersebut.

Sementara itu, dengan terbatasnya ketersediaan selang pemadam, sebagian personil TNI, Polri maupun masyarakat menggunakan ranting kayu untuk membantu memadamkan api.

" Kendala lain ya masalah ketersediaan air, makanya bantuan damkar dari perusahaan sebagian difungsikan khusus mensuplai air, dan hanya satu damkar saja yang digunakan untuk memadamkan api" jelas Ardila diakhir pernyataannya.(joni)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment