Kemarau Berkepanjangan Debit Air Waduk Sermo Susut


Mediapublik.press (Nasional) – Yogyakarta (DIY)   Musim kemarau menyebabkan debit air Waduk Sermo yang berada di desa Hargo Wilis, Kokap, Kulon Progo mengalami penurunan sekitar 6 Meter. Kemarau panjang kali ini, membuat ketersedian air untuk irigasi yang berasal dari Waduk Sermo terancam.

Saat petugas melakukan monitoring Waduk Sermo, dari posisi permukaan air semula 136,60 Mdpl, saat ini menyusut menjadi 132,49 Mdpl. Maka telah terjadi penurunan debit air sekitar 4 meter, menurut petugas monitoring Waduk Sermo kondisi saat ini masih cukup normal.

Namun jika kemarau kepanjangan, maka debit air Waduk Sermo bisa terus turun dan bisa mengancam lahan pertanian yang dialiri langsung dari Waduk Sermo. Saat ini ada sekitar 10.802 hektar yang langsung di aliri dari irigasi Waduk Sermo, yang terdiri dari 7.502 lahan yang berada di Kecamatan Kalibawang dan 3300 hektar yang berada di Wilayah Kecamatan Pengasih.

Beberapa Daerah Kulon Progo yang rawan kekeringan, antara lain Wilayah Kalibawang, Nanggulan, Sentolo dan Lendah yang mencapai 4177 hektar. Saat ini warga hanya dapat menanami lahan pertaniannya dengan tanaman Palawija dan juga tanaman Cabai, namun dengan kekeringan yang berkepanjangan saat ini warga mengalami kesulitan dalam penyiraman tanaman.  (dhi)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment