Stakeholder Kabgor Bahas Pangan Gizi Bantuan Benih Dan Pupuk di Salurkan

  
Mediapublik.press (Daerah) Limboto (Gorontalo)  Penjabup Gorontalo Nurlan Darise menegaskan tiga hal penting yang patut diperhatikan dalam hal pangan di Kabupaten Gorontalo. Hal tersebut meliputi, Ketersediaan Pangan, Distribusi Pangan, dan Keamanannya.

“ Ini karena pangan adalah fundamental dalam kehidupan masyarakat”, tegasnya dalam agenda koordinasi Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) yang digagas Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo, Kamis (8/10) di Eljie Hotel Limboto.

Ia menyebutkan, soal pangan timbul bukan akibat kemarau semata, namun pertumbuhan penduduk dan konversi lahan pertanian sangat memicu timbulnya rawan pangan termasuk gizi.

“ Pertumbuhan penduduk selalu diiringi oleh meningkatnya kebutuhan hidup, sementara ketersediaan lahan dan air terbatas jumlahnya”, ungkap Bupati Nurlan. Maka demi menjaga stabilitas pangan dan gizi seluruh Stakeholder diharapkan membangun satu pemahaman yang sama.

Harus ada satu pemahaman bagaimana strategi kita mengelola peluang dan resiko, antaranya meminimalkan biaya, dan mengoptimalisasi pencapaian tujuan. Tanggung jawab bersama harus lebih serius menekan persoalan agar tak semakin komplek.

Kaban Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo Femiwaty Umar menjelaskan, SKPG dilaksanakan sebagai wahana sharing informasi situasi pangan gizi diseluruh wilayah Kabupaten Gorontalo sekaligus merupakan serangkaian proses antisipasi kerawanan pangan.

“ Hasil SKPG menentukan tingkat kedalaman kejadian kerawanan pangan dan gizi dilapangan, sehingga kita secara tepat bisa mengintervensi ketahanannya”, jelas Femiwaty.

Bahkan untuk mengantisiasi terjadinya rawan pangan, Pemda Kabupaten Gorontalo melalui Badan Ketahan Pangan menyalurkan cadangan pangan beras pada 3 Kecamatan yakni di Wilayah Bilato, Biluhu dan Asparaga. Sedangkan melalui Badan Penanggulangan Bencana juga disalurkan bantuan beras di Kecamatan yang terindikasi rawan pangan.

Dalam kesempatan itu bantuan berupa benih dan pupuk juga diserahkan Bupati Nurlan bagi 5 Desa masing-masing Desa Dulomo Kecamatan Tilango, Desa Huntu Kecamatan Batudaa, Desa Sukadamai Kecamatan Bilato, Desa Satria Kecamatan Mootilango dan Desa Karya Indah Kecamatan Asparaga. (olu)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment