KPU Gelar Simulasi Rakapitulasi Suara Dikecamatan Sarjo


Mediapublik.press (Politik) - Pasangkayu (Sulbar)  Dalam rangka menyambut pilkada serentak yang akan di gelar pada tanggal 9 Desember mendatang, KPU  Se-Sulbar, menggelar simulasi rekapitulasi suara di Desa Sarude Kecamatan Sarjo, Mamuju Utara (Matra). Rabu, (04/11).

Simulasi yang merupakan bagian dari kegiatan rapat koordinasi (Rakoord) dan bimbingan teknis (Bimtek) yang gelar di kantor KPU Matra ini juga dihadiri oleh semua komisianer KPU Kabupaten se Sulbar. Dalam acara tersebut juga, turut hadir pula anggota KPU RI Hadar Nafis Gumay.

Hadar Nafis Gumay yang di konfirmasi di sela-sela kegiatan Simulasi rekapitulasi suara tingkat Kecamatan, mengatakan, kegiatan ini  tujuannya untuk melihat sejauh mana tingkat pemahaman PPS, dan PPK terhadap regulasi-regulasi terkait penghitungan suara.

Terbukti, dalam simulasi ini PPK Kecamatan Sarjo serta para PPS di Kecamatan tersebut terlihat masih seringkali melakukan kesalahan dalam melakukan rekapitulasi suara, membuat komsioner KPU Matra maupun KPU Sulbar kadang turun tangan untuk mengarahkan.

Simulasi yang berjalan hampir sekira 4 jam lamanya. Meski masih sering diwarnai kesalahan namun secara umum simulasi tersebut berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan itu, Hadar Nafis Gumay menekankan pentingnya kesiapan bagi anggota PPS dan PPK baik secara mental maupun administratif dalam menyelenggarakan penghitungan suara. Sebab ini merupakan salah satu kunci keberhasilan pilkada serentak nanti.

Hadar menambahakan, pentingnya keterbukaan dalam proses rekapitulasi suara, agar semua pihak bisa mengetahui hasil rekap maupun suara tersebut.

" Secara umum simulasi yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan yang ada, sesuai dengan peran PPK dan PPS, tinggal kedepan bisa semakin disempurnakan" tegas Hadar Nafis Gumay. (joni)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment