Pengetahuan PPK dan PPS Ditingkatkan


Mediapublik.press(Nasional) - Pasangkayu (Sulbar)  Masa pencoblosan pilkada Matra sebentar lagi, demi suksesnya tahapan itu, penyelenggara pemilu ditingkat bawah mesti memahami betul tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) ditengah regulasi pemilu yang terus berubah-ubah.

Untuk semakin memberi pemahaman akan tupoksi PPK dan PPS sebagai ujung tombak kesuksesan pilkada, KPU Matra menyelenggarakan pelatihan pungut hitung suara (tungsura) dan rekap suara bagi PPK dan PPS, Rabu (11/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut PPK dan PPS se Matra, sementara pembicaranya berasal dari komisioner KPU Matra sendiri.

Anggota KPU Matra Harlywood Suly Junior menyampaikan bahwa proses tungsuran dan rekap suara pada pilkada serentak kali ini berbeda dengan pada saat pemilihan legislatif (pileg) yang lalu.

Ia mejelaskan bahwa salah satu perbedaannya yakni tidak ada lagi proses rekap suara ditingkat PPS, namun langsung dilakukan saat ditingkat PPK.Selain itu juga ada perubahan pada beberapa jenis formulir dan regulasi teknis lainnya.

Seperti adanya jenis formulir isian untuk penyandang disabilitas. Formulir khusus ini kata Harlywood juga memerlukan pengetahuan yang khusus dari PPK dan PPS, agar proses administrasi saat pencoblosan bisa berjalan lancar.

" Dintingkat TPS tetap ada pungut hitung namun saat tingkat PPS itu tidak dilakukan lagi,kotak suara langsung diantar ke PPK. Jadi utamanya PPK perlu diberi pengetahuan tentang hal ini agar mereka bisa malakukan rekap suara berbasis kecamatan dan desa sekaligus" jelas Harlywood.

Terkait adanya beberapa perubahan mekanisme tersebut, Harlywood mengharapkan ada sinergitas pengetahuan antara penyelenggara pemilu dengan saksi pasangan calon (paslon) yang ada di TPS. Olehnya ia menyampaikan sebaiknya para paslon, memberikan pelatihan kepada saksi-saksinya terkait regulasi-regulasi baru pilkada serentak.

" Saya pikir kesamaan pemahaman ini penting dibangun agar tidak ada perdebatan dalam proses pungut hitung suara. Saya berharap paslon bisa memberi pelatihan memang kepada saksinya dan kami siap menjadi pembicara jika diundang" pungkasnya.  (joni)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment