Waspada Kasus Rabies di Kota Gorontalo


Mediapublik.press (Nasional) - Gorontalo   Kasus gigitan anjing penular Rabies di Gorontalo terus meluas. Di kota Gorontalo, kasus ini ditemukan di sejumlah wilayah seperti Dungingi, Paguyaman, Pulubala hingga kelurahan Dulalowo di Kota Gorontalo.

Pihak Dinas Kesehatan maupun Dinas Peternakan Kota Gorontalo meminta warga mewaspadai penularan penyakit Rabies. ini menyusul munculnya kasus gigitan anjing penular Rabies yang terjadi selama sepekan terakhir. Sesuai data Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, kasus gigitan anjing penular Rabies tahun lalu, mencapai 80 kasus. Sementara untuk Januari hingga Oktober 2015, sudah ada 76 kasus. Jumlah ini belum termasuk kasus gigitan hewan penular Rabies yang ditangani Puskesmas Dulalowo baru-baru ini.

Untuk wilayah kota gorontalo, kasus gigitan anjing penular Rabies menyebar di beberapa tempat seperti wilayah Dungingi, Paguyaman, Pulubala, Liluwo, Wumialo hingga Dulalowo. Kasus yang sama juga ditemukan di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara.

Untuk kasus yang terjadi di Kota Gorontalo, pihak Dinas Kesehatan menyebutkan, belum terdapat korban jiwa. Sebab rata-rata, korban gigitan anjing langsung mendapatkan penanganan medis. Hanya saja, masyarakat tetap diminta waspada karena anjing yang mengidap Rabies, berkeliaran hingga berbahaya bagi keselamatan warga.

Sebelumnya, pihak Dinas Peternakan menjelaskan, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap anjing yang menggigit korban, guna memastikan anjing tersebut positif Rabies atau tidak. (her)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment