Jembatan Gantung di Bantul Perlu Perhatian Pemerintah


Mediapublik.press(Daerah) - Bantul (Yogyakarta)  Meski pernah rusak diterjang banjir, jembatan gantung di Dusun Nangsri  Bantul  masih dimanfaatkan warga. Keberadaan jembatan memang cukup vital bagi warga sekitar  sebagai jalur strategis beraktivitas sehari-hari.

Meski jembatan baru yakni jembatan Soka sudah dibangun. Warga Desa Srihardono dan  Seloharjo Pundong Bantul tetap memanfaatkan jembatan Gantung Sungai Opak penghubung 2 desa tersebut. Jembatan gantung di Dusun Nangsri ini dianggap lebih strategis karena menjadi akses alternatif terdekat. 

Kondisi jembatan gantung ini sebenarnya cukup rawan karena pernah rusak diterjang banjir Tahun lalu dan belum diperbaiki. Tiang penyangga sempat miring dan bergeser setengah meter. Jembatan ini sempat ditutup pemerintah Desa setempat. Jumilah seorang warga  mengatakan selama  air sungai aman mereka akan menggunakan jembatan gantung.

Namun  jika  banjir besar, mungkin saja jembatan ini ditutup kembali. Jika Banjir besar lahar air hujan terjadi tidak menutup kemungkinan jembatan akan runtuh. Seperti yang pernah terjadi beberapa tahun lalu pasca erupsi Merapi tahun 2010. (Mar)

Copy

MEDIA PUBLIK

Media Cerdas Bangsa
    Facebook Comment
    Google Comment

0 comments:

Post a Comment